Clash Of Clans (COC), Masih Populerkah sampai Saat Ini?

 Clash of clan (COC) merupakan permainan strategi perang, membangun desa, melatih peleton, dan menjelajah bertempur.



Permainan ini didirikan oleh Lasse Louhento dan Lassi Leppninen datang dengan konsep asli Clash of Clans, dengan tujuan untuk membuat game strategi yang mudah digunakan di ponsel. Pada saat itu, banyak pengembang seluler melihat game strategi terlalu rumit untuk fungsi kontrol terbatas di seluler.

Untuk penerbitan game ini didukung oleh supercell, perusahaan pengembang Asal negara Finlandia pada tanggal 2 Agustus 2012.

Ilkka Paananen, CEO dan pendiri Supercell, ingin membuat game yang memiliki masa simpan lebih lama dari beberapa minggu, seperti salah satu favorit Paananen, World of Warcraft.


Butuh waktu enam bulan, dari konsep aslinya, bagi Supercell untuk merilis Clash of Clans di iOS. Tiga bulan setelah diluncurkan, itu sudah menjadi game terlaris di Amerika Serikat, dan pada tahun 2013 itu adalah game paling menguntungkan di seluruh dunia. 


Di play store sendiri, game ini telah melampaui 500 Juta kali unduhan baik di IOS maupun Android, dan itu melampaui Mobile legend, higs domino islands, yang populer saat ini, sedangkan free fire masih bercokol dipuncak dengan 1 M download, fantastis.


Sekalipun di Indonesia game ini jauh melempem untuk game terlaris namun dalam kategori strategi perang berada diurutan ke empat.

Sementara juga menjadi salah satu dari sedikit yang melampaui pendapatan tahunan $1 miliar. Supercell telah melakukan ini tanpa ukuran tim dari studio paling populer, dengan kurang dari 1.000 karyawan.


Supercell masih aktif memperbarui Clash of Clans agar para gamer tetap tertarik dan gameplay tetap segar. Berbicara pada tahun 2012, Louhento berkata kepada PocketGamer mengatakan: 


"Pembaruan adalah bagian yang sangat penting dari strategi kami. kami ingin membuat game yang dapat dinikmati pemain untuk waktu yang lama, dan yang terus memberi penghargaan kepada pemain atas waktu yang telah mereka investasikan."

Sesuai dengan kata-katanya, SuperCell menambahkan tiket musiman mereka sendiri pada tahun 2019 yang disebut 'Pass Emas'. Pada hari pertama saja, aplikasi ini adalah salah satu yang terlaris di iOS dan Android di 46 negara. 


Dalam waktu kurang dari seminggu, itu telah meningkatkan pengeluaran pemain sebesar 2,5X, dengan pemain Clash of Clans menghabiskan $ 3,9 juta per hari. Gold Pass meningkatkan pendapatan Clash of Clash untuk 2019, pertama kalinya melaporkan peningkatan pendapatan sejak 2014.


Clash of Clans mungkin tidak sepopuler pada pertengahan 2015, tetapi masih merupakan salah satu game terlaris di iOS dan Android. Supercell tampaknya belum selesai dengan pembaruan game, yang mungkin menarik para gamer baru untuk mencobanya.



Pada tahun 2020, Clash of Clans menghasilkan lebih dari 483,3 juta dolar AS dalam pendapatan pembelian dalam aplikasi. IP utama Supercell masih kuat setelah rilis awal pada tahun 2012. Clash Royale yang lebih baru dirilis menghasilkan pendapatan IAP 209 juta dolar AS selama periode yang sama.

Dari data tersebut menunjukan bahwasanya game Clash of Clans masih populer dan menghasilkan banyak keuntungan, sekalipun saat ini mengalami penurunan akan tetapi pengguna atau para Clasher masih banyak tersebar di seluruh dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Kisah horor di pondok pesantren ( true story)

Misteri rumah tua di tengah hutan

Cerita Horor Pesantren: Gedung Baru